5 Manfaat Yoga Bagi Tubuh




Sehubungan kegiatan hari-hari yang aku lalui cukup padat, aku memutuskan untuk rutin berolahraga satu minggu dua sampai tiga kali. Ya, selain faktor usia yang sudah cukup dewasa sehingga seluruh metabolisme mengikuti umur yang dewasa ini, tentu saja menjadi tujuan aku melepas lelah dan memperbarui mood. Eitttss, kok melepas lelah? Percaya deh, lelahnya olahraga itu beda sama dengan lelahnya aktivitas yang ditimbulkan dari bekerja atau belajar. Cobain kalo ga percaya! ahaa

Seperti yang kita ketahui bahwa ada beragam jenis olahraga yang ada, dari yang sifatnya high intense sampai low intense. Semua jenis kebutuhan olahraga disesuaikan dengan kesanggupan dan kegemaran diri kita masing-masing. Olahraga yang baik adalah olahraga yang kita gemari, yang kita cintai, sehingga proses di dalam dan luar tubuh kita akan mengikuti kebahagiaan yang terpancar dari dalam diri kita.
Selain zumba, bodyjam, dan playground, aku lagi rutin mengikuti kelas basic yoga. Kurang lebih udah 3 bulan, seminggu dua kali datang, dan tanpa diduga banyak membawa perubahan ke diri aku. Aku mau membagikan pengalaman berupa manfaat yoga terhadap diri aku setelah ikut kelas yoga selama 3 bulan,  apa ajasih manfaat yoga untuk tubuh kita? 

5 Manfaat Yoga Bagi Tubuh

1. Memperbaiki mood

Percaya ga percaya nih, ga perlu jauh-jauh holiday buat healing. Yoga aja rutin, itu salah satu cara healing terbaik buat aku. Alur gerakan yang pelan, beban tubuh yang bersatu dengan gravitasi bumi, suasana yang tenang, semua itu sangat memengaruhi mood kita. Rileks ... 

2. Meredakan nyeri tulang belakang

Buat kita kaum duduk berjam-jam di kursi, yoga cocok banget untuk meredakan nyeri tulang belakang yang salah satunya ditimbulkan dari duduk yang lama. Mengapa demikian? Karena beberapa gerakan yoga mengharuskan kita memijat atau meluruskan saraf atau urat-urat di tubuh kita, lebih tepatnya memperbaiki saraf-saraf yang kaku dan tegang.

3. Meningkatkan konsentrasi

Di dalam gerakan yoga, kita harus tetap fokus mengikuti instruksi setiap gerakan yang diarahkan oleh pelatih. Salah-salah gerakan bisa membuat badan kita malah jadi sakit, dengan gerakan tempo yang lambat, tenang, dan mengharuskan diri untuk menstabilkan tubuh kita, dapat membantu kita melatih tingkat konsentrasi dalam melakukan kegiatan.

4. Menurunkan berat badan

Dengan rutin berolahraga yoga, berat badan akan turun mengikuti. Tentu saja, harus dibarengi dengan pola makan yang bergizi dan seimbang ya. Menstabilkan tubuh, terdengar mudah tapi sulit sekali untuk dijalani. Apalagi aku si badan berisi yang harus menopang berat badan sendiri untuk tetap stabil di gerakan tertentu. Awal-awal ikut kelas yoga, keringat bercucuran karena belum kuat menopang diri sendiri hhe.

5. Memperlancar peredaran darah (menstruasi)

Menstruasi yang tidak teratur menjadi hal yang paling dikhawatirkan oleh wanita, salah satunya ya diriku. Tiga bulan rutin ikut kelas yoga, alhasil menstruasi aku menjadi teratur dengan intensitas darah yang keluar cukup lancar. Nah, dari situ aku semakin menikmati olahraga yoga.


Itu adalah 5 manfaat yoga bagi tubuh kita. Yoga ini bisa dilakukan tidak hanya oleh wanita, tentunya bisa dilakukan oleh pria. Batasan umur sepertinya juga tidak ada, karena di kelas basic yoga yang aku ikuti ada beberapa orang yang usianya sudah tidak muda lagi dan mereka terlihat baik-baik saja. Sebenarnya apapun jenis olahraga yang kamu pilih, semua akan memberikan efek kepada diri kita, baik dari dalam maupun luar diri kita. Konsistensi adalah yang utama!

Komentar