Liburan ke Bali menjelang Hari Raya Nyepi ? | TRIP STORY


Padang Kasna, Bali - Indonesia.

Holla vfelas !
How are you doing today? I hope everyone are fine
So today, I would like to tell my short trip when I was in Bali last year.

BALi oh Bali,Siapa sih yang ga tau Bali? Menurut aku semua orang tau tentang pesona Bali yang bahkan sudah sampai ke berbagai penjuru Dunia. Keindahan Bali memang ga bisa kita pungkiri lagi deh pokoknya. Nuansa dan Cita Rasa akan selalu melekat di setiap penikmat keindahan alam semesta.

Apa sih yang kalian tau tentang Bali?

Ya, Bali adalah suatu pulau yang mempunyai banyak banget keindahan pantai, tempat wisata, pura, dan bahkan bangunan-bangunan dan pahatan yang mempunyai nilai seni yang begitu menakjubkan dan tentunya makan-makan khas daerah Bali contohnya sate lilit, ayam betutu, nasi ayam campur dan masih banyak lagi. Selain itu, orang-orang di Bali juga ramah-ramah banget, dan paling suka kalo denger logat atau aksen khas Bali.

Satu hal yang pasti orang-orang tau tentang Bali adalah keindahan pantainya. Kuta, Sanur adalah salah satunya sebagai incaran wisatawan lokal dan macanegara untuk di kunjungi. Ada juga, Seminyak, Ubud, Legian, Jimbaran dan pastinya Denpasar yang memang sebagai tempat wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan mereka disana dan juga suasana disana adem sih menurut aku walaupun cuaca disana panas hahah, mungkin karena memang banyak pantai disana kali ya. 

Pertama ke Bali saat menjelang Hari Raya Nyepi?


Bulan Maret Tahun 2017 lalu untuk pertama kalinya aku ke Bali (agak norak tapi biarin aja) dan pertama kalinya juga boleh pergi jauh bareng teman-teman sama orangtua. Jadi, senengnya double deh haha. Aku kesana berempat sama teman kampus aku, kita emang sering main bareng gitu deh ya. Awal mula jalan-jalan liburan ke Bali kita buat tanpa sengaja alias dadakan. Lagi ngumpul aja biasa terus ada yang bilang " ke Bali yuk " dan kebetulan lagi salah satu temen aku tu orang Bali dan dia emang mau kesana untuk merayakan Hari Raya Nyepi disana dan setelah diskusi bareng, buat planning tujuan wisata disana, tinggal dimana, dan berapa hari disana. Akhirnya kita berempat pesan tiket dan memutuskan untuk ikut "Dewi" merayakan Hari Raya Nyepi disana. 



-Aku mau membagi cerita Bagaimana suasana saat menjelang Hari Raya Nyepi disana,apa aja yang biasa di lakuin warga Bali saat menjelang Hari Raya Nyepi dan tempat apa aja yang bisa di kunjungi? Berdasarkan pengalaman aku ya 😎😎


1. Bagaimana suasana Bali dan apa aja yang biasa mereka lakukan saat menjelang Hari Raya Nyepi ?

    Aku kesana h-5 sebelum Nyepi kayanya, agak lupa juga. Jadi suasana disana masih sama kaya suasana tempat wisata yang lain cuman memang tidak terlalu ramai sih menurut aku. Dan yang paling aku suka itu saat pertama kali menginjakan kaki ke Pulau Dewata itu banyak nemuin Ogoh-ogoh yang ada di hampir sepanjang jalan. Jadi, kata orang sana di setiap wilayah ada Ogoh-ogoh unggulan masing-masing setiap wilayahnya yang dimana nanti berlomba wilayah mana yang memiliki Ogoh-ogoh yang bagus dan menarik.
    Kebetulan aku disana tinggal di tempat sodara temen aku di daerah Karangasem. Bener-bener desa yang indah, sejuk, masih banyak banget sawah yang terbentang luas. Aku seneng banget bisa tinggal disana, apalagi merasakan perayaan Nyepi yang memang di Desa. Karena menurut aku lebih berasa aja gitu.
   Selain itu, memang tempat wisatanya ga yang terlalu ramai banget, apalagi pantai ya. Aku aja cuman bisa ke beberapa pantai doang, karena memang dijadikan oleh Umat Hindu untuk Penyucian dengan melakukan upacara Melasti gitu. 
    Nah, kebanyakan para wisatawan Bali saat menjelang Nyepi pindah liburan mereka ke Lombok, apalagi wisatawan mancanegara ya. Dan juga, untuk masyarakat Bali yang merayakan Nyepi tentunya sibuk mempersiapkan segala kebutuhan atau keperluan untuk ber ibadah mereka. 

2. Tempat apa saja yang bisa di kunjungi saat menjelang Hari Raya Nyepi?
    
    Sempat aku bahas sedikit tentang tempat yang bisa di kunjungi saat menjelang Nyepi di bahasan awal sebelumnya. Jadi sebenernya masih banyak tempat yang bisa kita kunjungi seperti Bali Chocolate Factory, Kebun Raya Bedugul, Taman Ujung Karangasem, Padang Kasna, Rumah Pohon dan masih banyak lagi. Cuman memang, untuk Pantai dan yang pasti Pura hanya sedikit yang aku kunjung kemarin, bahkan Pura yang ada di Bali hanya Pura Ulun Danu yang sempat aku kunjungi, karena memang di pakai untuk ibadah mereka dan tentunya mempersiapkan untuk menyambut Hari Raya Nyepi tersebut.
    Tapi, Bali mempunyai banyak banget tempat yang menakjubkan nan indah ya. Ga hanya pantai dan Pura, jadi jangan khawatir mau kemana saat menjelang Nyepi karena masih banyak kok tempat lain yang bisa kita nikmati dengan ke indahan yang berbeda nan indah. Buka mbah Google aja nanti juga ketemu kok hehe, karena saat aku kesana aku juga masih menikmat tempat-tempat yang indah, yang bahkan masih sepi. Sepi bukan berarti ga indah ya, tapi memang jarang yang mengetahui tempatnya. 

Jadi, ya kurang lebih itu lah pengalaman singkat aku ke Bali tahun lalu saat menjelang Hari Raya Nyepi. Satu hal yang ga bisa tergantikan dari sebuah perjalanan adalah pengalaman. Pengalaman merasakan perayaan Nyepi dan mengetahui secara langsung bagaiman Hari Raya Nyepi itu berlangsung. 

Kalo ditanya mau ke Bali lagi atau engga? aku akan jawab MAU hahaha. Daya tarik Pulau Dewata punya pancaran keindahan tersendiri. Dua kata unttuk Bali " C yo ! "
     






Komentar